Tas Gunung Menjadi Ringan dengan 8 Tips Berikut

Tas Gunung Menjadi Ringan dengan 8 Tips Berikut

Tas Gunung Menjadi Ringan dengan 8 Tips Berikut

***

Hi Intifaers, ini dia 5 Tips Packing Perbekalan Muncak Yang Efektif Untuk Pendaki Pemula. Pastinya anda ingi mengetahui Bagaimana sih cara packing yang benar dengan tas carrier untuk mendaki/muncak? Karena packing yang benar dan efektif merupakan salah satu kunci sukses untuk mencapai puncak gunung nantinya.


Tips Mudah Menyusun Perbekalan Muncak Yang Efektif agar ringan

Maka berikut ini akan saya paparkan tips serta trik yang harus anda lakukan ketika packing perbekalan atau perlengkapan sebelum muncak dan mendaki gunung. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika muncak ke gunung Ciremai di Jawa Barat, lho.


Monggo silakan disimak teman...


Cara Menyusun Barang di Tas Gunung

Menyusun perlengkapan dan perbekalan muncak di tas carrier itu ada seninya. Jangan asal menaruh barang di sembarang tempat jika tidak mau ribet saat di puncak gunung nantinya.


Baca juga: 5 Gunung di Jawa Barat yang Wajib Dinikmati Bagi Pendaki


Baca juga: 6 Persiapan Wajib sebelum Mendaki Gunung


Berikut ini seni menaruh barang serta perlengkapan mendaki gunung yang harus anda peraktekan sebelum muncak:


  • lapisi Bagian dalam Carrier dengan Plastik. Sebelum mulai memasukkan barang kedalam carrier, alangkah baiknya untuk menutupi dahulu bagian dalam carrier dengan dilapisi plastik kresek. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga barang didalamnya agar tetap kering dari air hujan maupun air embun.

  • Susun Barang sesuai Kebutuhan anda. Hal ini membutuhkan teknik khusus, saya akan paparkan lebih detailnya nanti pada artikel terbaru. Sebagai gambaran saja, jadi, untuk barang yang dipakainya belakangan semacam sleepingbag maka ditaruh di bagian bawah. Adapun untuk barang yang akan dipakai pada awal waktu atau sering dikeluar-masukan, maka taruh barang tersebut di bagian atas carrier. Penjelasan lebih lengkapnya akan saya paparkan di artikel terbaru.

  • Manfaatkan Ruang yang ada Sekecil Apapun. Saat barang bawaan anda terlalu banyak, sedangkan tas anda tidak mampu menampungnya, maka pintar-pintarlah untuk memanfaatkan ruang sekecil apapun. Untuk baju ganti, ada baiknya digulung menjadi bentuk silinder, bukan dilipat. Hal tersebut sudah saya buktikan sendiri yaitu dengan menggulung baju maka dapat menghemat ruangan yang ada di tas gunung.

  • Manfaatkan Plastik atau Kantong Kresek. Maksud manfaatkan disini adalah kita menggunakan kresek untuk mengemasi barang-barang yang sejenis dalam satu kantong. Misalnya sarung tangan, kupluk, masker dan senter pada satu kantung. Atau seluruh baju dalam satu kantung. Hal ini dilakukan agar jika sewaktu-waktu kita membutuhkan barang-barang tersebut, kita dapat langsung menariknya (menarik kresek tersebut) tanpa berantakan. Tidak harus mencari berlama-lama. Keuntungan memanfaatkan plastik juga agar barang-barang yang berukuran kecil tidak berceceran.

  • Posisikan Barang Bawaan Dengan Benar. Sebaiknya barang yang terberat berada di paling atas carrier dan yang paling ringan seperti sleeping bag berada di paling bawah. Tujuannya agar barang yang berat tidak terlalu membebani pinggul anda yang mana dapat menyebabkan pusing dan linu. Selain itu juga akibat tidak memposisikan barang bawaan  dengan benar adalah dapat menyebabkan anda susah melangkah pada saat di gunung nanti, sehingga lebih banyak menghabiskan tenaga percuma.

  • Gunakan Tas Kecil Tambahan untuk Barang Penting.

    Untuk barang penting yang dimaksud contohnya seperti kartu KTP, kartu SIM dan STNK jika anda membawa kendaraan sendiri, atau juga untuk menaruh handphone. Termasuk barang penting adalah balsam. Misalkan ada teman anda yang keram saat sedang diperjalanan muncak atau bahkan anda sendiri yang merasakaannya, maka anda dapat dengan mudah mengambil balsam tanpa perlu mengubek-ubek isi tas.

  • Apakah Barang Bawaan Anda Sudah Diisi dengan Baik? Cara mengetahui barang bawaan anda sudah tepat penyusunannya adalah dengan melihat posisi dan bentuk tas carrier, kalau anda berikan goncangan atau di gerakan pada tas carrier tersebut dan ternyata seimbang tidak mudah jatuh (tetap berdiri) maka posisinya sudah tepat.

  • Tutup Semua Tempat Penyimpanan dengan Rapat. Seperti tempat minum atau tempat minyak goreng dan tempat yang lainnya, hendaknya anda menutupnya rapat-rapat. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebocoran yang dapat mengotori barang-barang lain.



Nah, Itu dia 5 Cara Packing Yang Benar dan Efektif


Jangan lupa teman, sebelum muncak Perbanyaklah berdoa kepada Sang Penjaga. Jangan takut! Karena di setiap gunung itu ada malaikat penjaganya. Mintalah banyak pertolongan kepada Allah azawajalla, jangan meminta pertolongan kepada pohon-pohon besar.


Keep semangat Intifaers semua, jadilah pendaki yang hemat, religius dan penyayang! Ada yang mau nambahin? Coret-coret saja di kolom komentar.

***
Disqus

Formulir Kontak